Sabtu, 22 Desember 2012

Mengapa Bisa Muncul Saman, Dukun? Ilmu Pengetahuan Juga Menyikapi.


Mengapa Bisa Muncul Saman, Dukun? Ilmu Pengetahuan Juga Menyikapi.

            Melihat perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin hari semakin pesat, tidak baik jika kita manusia sebagai makhluk yang berakal hanya membiarkannya berlalu begitu saja. Setidaknya ada hal yang bisa kita manfaatkan.  Lalu kenapa timbul pertanyaan:
            Mengapa bisa muncul saman, dukun?
 Dalam perkembangan ilmu pengetahuan sosial, ilmu psikologi adalah yang menaungi jawaban  munculnya saman, maupun dukun. Hal ini bisa dilihat dari sisi kesadaran yang digunakan oleh para dukun maupun saman.  Kesadaran mereka dengan alam, manusia, dan semesta sangatlah sempurna. Mereka benar-benar memanfaatkan kemampuan spiritual mereka dengan kesadaran penuh. Mereka juga bisa dikatakan tengah menduduki posisi dalam psikologi traspersonal yang pertama. Dimana mereka adalah golongan yang memiliki tingkat kesadaran tertinggi setelah melakukan aktualisasi diri.mereka juga mampu melakukan sesuatu yang lebih dari personal biasanya.
Apalagi psikologi traspersonal juga membahas sesuatu yang tras dan personal, lebih dari manusia biasanya. Jadi terdapat beberapa gambaran bahwa, ilmu pasti juga mampu menjawab fenomena dan kenyataan seperti ini. Untuk lebih lanjutnya silahkan mencari atau membaca tentang psikologi traspersonal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar